Kelas : LG53
Nama Dosen : Ketut Budiasa
Kode Dosen : D2849
Hari : Senin
Tanggal : 26 Oktober 2015
Waktu : 08.00 - 11.00
Lama Kegiatan : +/- 3 Jam
Lokasi Kegiatan : SDN 04 PAGI KEDOYA UTARA, Jl. Kedoya Raya Rt 11/07
PIC : Albiladatur Robiatun
TIM yang Hadir :
Ketua : Jessica Elvina - 1701301460
Anggota :
Della Yunisa ( 1701304696 )
Dewi Karlina Wijaya ( 1701294404 )
Winnie ( 1701316531 )
Meiny Steofany ( 1701315705 )
Veronica Leo ( 1701332094 )
Deshea Yelinsha ( 1701290993 )
- Deshea, Della, Winnie, Bu Albiladatur, Dewi, Veronica, Meiny - |
- Deshea, Della, Winnie, Bu Albiladatur, Jessica, Dewi, Veronica - |
Hubungan antara Kegiatan ini dengan Mata Kuliah Character Building
Pada semester ini ,mata kuliah Character Building :Professional Development melalui TFI(Teach For Indonesia) bekerja sama dengan Dinas Pendidikan untuk melakukan validasi terhadap data Kartu Jakarta Pintar(KJP) di SDN 04 PAGI KEDOYA UTARA .
Kaitan kegiata ini dengan Mata kuliah CB yaitu dengan teori etika " Utilitarianisme ", dimana teori ini berbunyi "Sebuah perbuatan dapat dikategorikan baik secara etis,bila perbuatan tersebut membawa manfaat." Yang dimaksud dengan manfaat adalah apabila perbuatan tersebut membawa kebahagian, jika perbuatan baik namun tidak membawa kebahagiaan perbuatan itu tidak memiliki makna etis. Seperti kegiatan ini, kami sebagai mahasiswi BINUS diberi tugas untuk melakukan pendataan dan validasi KJP dengan menggunakan kuisioner untuk memastikan apakah penerima KJP sudah sesuai sasaran atau belum. Dari pendataan yang telah kami lakukan sebagian besar anak merasa senang dan sangat terbantu dengan adanya KJP ini, KJP membantu anak - anak yang tidak mampu untuk dapat bersekolah dengan tidak harus menghawatirkan biaya sekolah, peralatan, seragam, serta ongkos untuk bersekolah. Oleh karena itu, program KJP ini sudah termasuk perbuatan etis yang dilakukan oleh PEMPROV DKI karena KJP dapat mendatangkan kebahagiaan dan kebahagiaan itu dinikmati oleh sebagian besar orang yang menerima kartu ini. Tugas kami disini untuk memastikan apakah benar kartu KJP ini sudah diterima oleh pihak yang seharusnya sehingga dapat membantu dengan benar membantu mereka yang tidak mampu.
Persiapan Kegiatan
Kami melakukan diskusi kelompok setelah selesai kelas untuk menentukan jadwal kunjungan kami ke SDN 04 Pagi Kedoya Utara, dikarenakan tempat kunjungan kami ini dekat maka kami memilih hari senin sebelum kami kelas untuk melakukan kunjungan ke sekolah tersebut. Untuk menuju kesana salah satu anggota kelompok kami membawa mobil sehingga anggota kelompok yang lain hanya harus berkumpul di Binus Square sekitar jam 7 pagi dan langsung bernagkat menuju lokasi. Karena tidak ada anggota kelompok yang keberatan, kami ingin melakukan kunjungan untuk KJP dan 8355 dalam 1 hari dan bisa selesai dengan cepat. Kami juga membicarakan pembagian tugas untuk kunjungan disana, dan kami juga membahas agar para anggota bisa lebih sabar dalam menangani siswa dikarenakan siswa yang akan kami wawancarai adalah anak SD.
Pelaksanaan Kegiatan
Pada tanggal 26 Oktober 2015, kami sekelompok membuat jadwal kunjungan ke sekolah SDN 04 Pagi Kedoya Utara dalam rangka memverifikasi data kartu pintar Jakarta dari Dinas Pendidikan dengan pihak sekolah yang bersangkutan. SDN 04 Pagi Kedoya Utara tersebut sangat sulit untuk ditemukan dikarenakan lokasi sekolah yang berada dibelakang pemukiman warga sekitar dan jalan yang sangat sempit untuk sampai ke sekolah SD tersebut. Sesampai kami di SDN 04 Pagi Kedoya Utara, kami disambut oleh ibu guru yang sedang piket pagi di sekolah tersebut. Kami disarankan untuk menemui Ibu Albiladatur di ruang Tata Usaha yang berada di sudut sekolah.Kami meminta tolong kepada Bapak Guru yang juga berada di ruang TU untuk mengumpulkan 30% dari total siswa KJP yang terdaftar di Dinas Pendidikan. Dengan segera Bapak tsb mengumumkan untuk mengumpulkan anak-anak tersebut diruang kelas yang kosong. Kemudian kami dengan cepat membagikan kuisioner yang telah disediakan Binus kepada anak-anak. Kami memberikan beberapa petunjuk untuk pengisian kuisioner tersebut dan kami juga melakukan sesi wawancara kepada beberapa anak yang menggunakan KJP ini.
Evaluasi
Survey Eksternal :
1. Semua tim hadir tepat waktu dan memakai almamater
2. Pihak sekolah juga menyambut baik kedatangan kami
3. Pihak sekolah memberikan semua data yang kami perlukan
4. Pihak sekolah juga tidak merasa terganggu dengan kedatangan kami
Survey Internal :
1. Semua tim hadir pada saat pelaksanaan kegiatan
2. Semua tim bekerja untuk melaksanakan tugasnya sesuai job desk yang diberikan
3. Semua anggota bersikap ramah dan sopan santun pada saat pelaksanaan kegiatan
Setelah pengisian kuisioner dan wawancara telah selesai kami lakukan bersama anak-anak yang menggunakan KJP, kami memberikan form evaluasi kepada pihak sekolah dan form tersebut ditandatangani oleh Kepala Sekolah SDN 04 Pagi Kedoya Utara.
Hasil Kegiatan
1. Pihak sekolah dan anak-anak sangat berpartisipasi dengan baik dalam melancarkan kegiatan pencocokkan KJP tersebut.
2. Kebanyakan anak-anak tidak tahu jika KJP bisa digunakan untuk membayar jika mereka ingin menaiki Busway Transjakarta
3. Penerima KJP disekolah ini telah sesuai dengan ketentuan dan syarat untuk menerima KJP
4. Pihak sekolah juga menyimpan seluruh bukti transaksi penggunaan KJP yang digunakan oleh selurun siswa di SDN tersebut.
Kesimpulan
Kegiatan yang diselenggarakan oleh Teach For Indonesia ini memberikan kami sekelompok pengalaman yang berharga. Selain kami langsung terjun ke lapangan untuk validasi langsung kami juga bias berbagi dan selalu merasa bersyukur dengan apa yang kami miliki sekarang ini. Penerima KJP di sekolah ini telah sesuai dengan kriteria dan ketentuan dari Dinas Pendidikan. Anak-anak yang menggunakan KJP terus berharap KJP akan terus bertahan dan mereka tetap bisa menggunakan fasilitas yang telah dibuat oleh pemerintah untuk membantu mereka untuk bersekolah dengan layak.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar